OIP__1_-removebg-preview

UNIVERSITAS AUDI INDONESIA

Sistem Informasi: Keunggulan Jurusan dan Prospek Karir.

Adv-News-Sistem-Informasi

Apa itu Sistem Informasi?

   Jurusan Sistem Informasi adalah bidang ilmu yang mengintegrasikan bidang manajemen dengan bidang teknologi komputer. Berbeda dengan Teknik Informatika (TI) yang berfokus pada algoritma komputasi, Jurusan Sistem Informasi (SI) berfokus pada perancangan, pengembangan, dan implementasi sistem informasi sebuah organisasi. Mahasiswa SI akan mempelajari cara menemukan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mengidentifikasi proses bisnis yang akan atau sedang berjalan melalui pengumpulan data perusahaan, kemudian mendesain sebuah sistem yang efektif dan efisien demi mencapai goal perusahaan.

Apakah mahasiswa SI akan tetap mempelajari algoritma komputasi? Ya, meskipun tingkat kompleksitas pembelajarannya tidak sedalam mahasiswa TI. Pada dasarnya Jurusan SI adalah penggabungan bidang ilmu komputer dengan ilmu manajemen bisnis, dan untuk menguasai bidang ilmu komputer, mahasiswa SI tetap perlu mempelajari algoritma dan pemrograman. Namun, tujuan pembelajarannya adalah untuk pengelolaan, pemanfaatan, dan pengembangan teknologi informasi dalam konteks organisasi atau perusahaan. Itu sebabnya mahasiswa SI juga akan mempelajari prinsip manajemen, administrasi bisnis, sistem informasi keuangan dan akuntansi, sistem perusahaan, digital marketing, dan sebagainya.

baca juga: Teknik Informatika: Kenali Jurusan yang Banyak Diminati

Mengapa lulusan Jurusan Sistem Informasi banyak dicari?

   Di era digitalisasi saat ini, pemakaian teknologi komputer sebagai kebutuhan utama untuk menjalankan bisnis menjadi tak terelakkan. Pasalnya, pemakaian teknologi komputer yang mumpuni akan membuat proses berbisnis menjadi lebih efisien. Itu sebabnya banyak perusahaan yang mencari lulusan SI yang dapat menjadi jembatan bagi tenaga pekerja bidang TI dengan kepentingan dan tujuan bisnis sebuah perusahaan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang mampu menganalisis data dalam jumlah yang besar (big data). Data yang diperoleh dari berbagai sumber haruslah valid dan konsisten, dan proses ini sering disebut juga sebagai data preparation. Kemudian, perusahaan perlu mengidentifikasi faktor atau algoritma apa yang dapat mempengaruhi hasil yang diprediksi, yang sering disebut sebagai data exploration. Selanjutnya, perusahaan perlu membuat suatu infografis untuk memudahkan pengambilan keputusan melalui pemahaman akan data-data yang ada, atau disebut juga sebagai data visualization. Untuk bisa melakukan semua itu, perusahaan perlu seorang analis data (data analyst).

   Contoh lainnya adalah dalam membangun website perusahaan. Pada era digital marketing saat ini, banyak perusahaan yang mencari web developer untuk membuat atau mengembangkan website perusahaan yang baik untuk keperluan marketing, branding, maupun penyimpanan database. Selain memerlukan tenaga pekerja di bidang TI, perusahaan juga memerlukan lulusan Jurusan Sistem Informasi untuk memastikan pembuatan konten website yang bisa memenuhi target marketing perusahaan.

  Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Program Studi Sistem Informasi Universitas Audi Indonesia memberikan pembelajaran mendalam pada mahasiswa tentang bagaimana cara mengelola informasi sebagai sumber daya. Mahasiswa akan mampu menjembatani kesenjangan antara pengguna dan teknologi untuk mendukung tujuan organisasi dan bisnis melalui pengembangan dan implementasi sistem informasi. Program Studi SI Universitas Audi Indonesia menawarkan tiga bidang peminatan atau konsentrasi untuk menjawab pasar Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) yang terus berkembang, yaitu konsentrasi Analis Data Bisnis (Business Data Analytics), Sistem Informasi Bisnis (Business Information System), dan Pemrograman Seluler dan Website (Mobile & Web Programming).

Analis Data Bisnis (Business Data Analytics)

  Dengan era data besar (big data) dan ilmu data (data science), sangat penting bagi organisasi dan bisnis untuk tetap kompetitif dan dapat mengikuti kemajuan teknologi. Business Intelligence dan Data Analytics adalah konsentrasi mutakhir yang mempersiapkan siswa dengan dasar dan keterampilan yang kuat tentang bagaimana mengubah data dan informasi menjadi solusi dan wawasan untuk mendukung pengambilan keputusan atau pemecahan masalah dalam organisasi. Konsentrasi ini berfokus pada topik-topik seperti ilmu data, penambangan data (data mining), dan analisis statistik di atas pengetahuan sistem informasi untuk penggunaan data besar secara efektif.

Sistem Informasi Bisnis (Business Information System)

   Selama masa studi, para siswa akan memperoleh keterampilan dalam TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi), analisis bisnis, dan pemecahan masalah. Hal ini termasuk pengetahuan dalam sistem informasi manajemen, analisis & peningkatan proses bisnis, manajemen proyek, intelijen bisnis, sistem perusahaan, perencanaan strategis, dan teknologi data.

Pemrograman Seluler dan Website (Mobile & Web Programming)

  Konsentrasi ini tidak hanya akan memberikan pengetahuan dasar keterampilan pengembangan aplikasi web dan seluler, tetapi juga fokus pada pengintegrasian aplikasi web dan seluler dalam proses bisnis.

Kesempatan Karir Jurusan Sistem Informasi

  Lulusan Sistem Informasi Universitas Audi Indonesia akan siap dan mampu memulai karir sebagai technopreneur, manajer proyek, analis sistem, pengembang web atau seluler, konsultan TI, auditor TI, analis bisnis, perancang multimedia dan perancang antarmuka pengguna (user interface) di antara banyak fungsi TIK di setiap area termasuk perusahaan komersial baik nasional maupun multinasional, manufaktur, penelitian dan pendidikan, organisasi pemerintah dan nirlaba, dan banyak lagi.

   Mata kuliah Sistem Informasi Universitas Audi Indonesia dirancang sedemikian rupa untuk memperlengkapi para lulusan yang siap memenuhi kebutuhan di bidang SI. Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa akan belajar skills kunci dalam bidang SI:

  • Algoritma dan Pemrograman (Algorithm and Programming)
  • Interaksi Manusia Komputer (Human Computer Interaction)
  • Analisis dan Desain Sistem (System Analysis and Design)
  • Bisnis Digital (Digital Business)
  • Manajemen Proyek Sistem Informasi (Information System Project Management
  • Intelijen Bisnis dan Analisis Data (Business Intelligence and Data Analytics)

    dan banyak lagi..

   Jadi gimana gaess, Tertatik ambil Teknik Informatika atau Sistem Informasi? Yukk kunjungi portal resmi Universitas Audi Indonesia untuk informasi lebih lanjut..  www.universitasaudi.ac.id

WeCreativez WhatsApp Support
kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
? Halo,Ada yang Bisa Kami Bantu?